Thursday, April 6, 2017

Empat Tips Makanan Sehat Menurut Budaya Cina

Empat Tips Makanan Sehat Menurut Budaya Cina

Empat Tips Makanan Sehat Menurut Budaya Cina - Memilih makanan sehat adalah topik yang sudah banyak dibahas di berbagai belahan dunia, kemungkinan besar akibat banyaknya kesalahan dalam memilih makanan sehat sehari-hari. Catatan medis menunjukkan fakta bahwa kini banyak permasalahan kesehatan yang diakibatkan oleh buruknya kondisi makanan yang di konsumsi.


Akan tetapi, dari budaya bangsa Cina, ada beberapa tips kesehatan tradisional tentang cara memilih makanan sehat yang sudah turun temurun diwariskan di kalangan mereka.Tips kesehatan dari budaya bangsa Cina ini akan memberikan Anda cara-cara dalam menjaga kesehatan melalui makanan yang di konsumsi sehari-hari. Berikut tips dan cara tersebut.
  • Perhatikan temperatur dan cuaca di sekitar anda dalam hal memilih makanan
Masyarakat Cina selalu diajarkan untuk memilih makanan yang akan mereka konsumsi sesuai dengan kondisi cuaca yang sedang terjadi. Apabila kondisi cuaca panas, mereka akan lebih mengonsumsi makanan berenergi dingin, seperti makanan yang mengandung  tahu, mint, jeruk, dan berbagai buah dan sayur segar lainnya. Sebaliknya, bila udara sedang dingin, menganjurkan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung rempah-rempah.
  • Seimbangkan antara makanan mentah dan matang
Tidak sedikit orang yang berpendapat bahwa buah segar dan tidak dimasak cenderung lebih sehat. Akan tetapi, tips kesehatan tradisional Cina mengatakan bahwa makanan mentah memerlukan energi lebih banyak untuk mencernanya. Jadi, saat anda mengonsumsi makanan mentah, ada baiknya seimbangkan juga dengan mengonsumsi makanan yang dimasak. Hal ini bertujuan untuk meringankan beban kerja lambung anda.
  • Perhatikan warna buah dan sayur yang dikonsumsi
Tips kesehatan tradisional Cina ini sudah membuktikan selama ratusan tahun bahwa warna pada buah dan sayur ternyata berkaitan dengan khasiat serta nutrisi yang dikandungnya. Sebagai contoh, warna merah pada tomat, baru-baru ini di teliti oleh para ahli mempunyai kemampuan untuk mengurangi risiko kanker akibat kandungan lycopene yang terdapat pada tomat.
  • Makan secukupnya dan jangan sampai terlalu kenyang
Perut yang terlalu kenyang bisa memperlambat kinerja otak. Tips kesehatan tradisional dari Cina menyarankan Anda untuk berhenti makan bila di rasa Anda sudah cukup kenyang saja, jangan sampai lambung Anda terlalu penuh.

Nah, itulah Empat Tips Makanan Sehat Menurut Budaya Cina yang bisa kita coba terapkan dalam menjaga kesehatan melalui makanan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Post by : Sehat Negeriku

Empat Tips Makanan Sehat Menurut Budaya Cina

No comments:

Post a Comment